RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : -
Mata Pelajaran :
SBK
Kelas : V
Semester : 1
Alokasi
Waktu : 1 x pertemuan @ 2 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 8.
Membuat karya kerajinan dan benda permainan.
Kompetensi
Dasa : 8.2 Membuat karya kerajinan merangkai.
Indikator : 8.2.1 Menjelaskan pengertian teknik
merangkai.
8.2.2 Merancang
karya kerajinan dengan teknik merangkai.
8.2.3 Membuat karya kerajinan
dengan teknik merangkai.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan stimulus dari guru, siswa dapat menjelaskan pengertian merangkai
dengan benar.
2.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat merancang karya kerajinan dengan
teknik merangkai dengan benar.
3.
Setelah
mengamati demonstrasi guru dan bereksperimen, siswa dapat membuat karya kerajinan
dengan teknik merangkai dengan benar.
B. Materi
Ajar
1. Pengertian Merangkai
2. Fungsi Merangkai
3. Bahan dan Peralatan Merangkai
C. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Demonstrasi
3.
Eksperimen
4.
Penugasan
D. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 menit)
a.
Siswa
dan guru menyanyikan lagu “ Merangkai Hantaran” . (lihat lampiran 1)
b.
Siswa
diberi stimulus dengan cara guru memberikan apersepsi yaitu “ siapa yang pernah
melihat hantaran? Hantaran itu diberikan pada pengantin putri oleh pengantin
pria. Hantaran itu berupa apa? Hantaran berupa seperangkat barang yang disusun
sedemikian rupa dengan alat rangkai. Nah, hari ini kita akan belajar tentang
merangkai.
c.
Siswa
diberi tahu tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti (55 menit)
a.
Siswa
mendengarkan guru yang sedang menyampaikan materi secara singkat tentang
merangkai. (lihat lampiran 2)
b.
Siswa
mendengarkan guru yang sedang mendemonstrasikan cara membuat karya kerajinan
dengan teknik merangkai.
c.
Siswa
mengamati langkah-langkah merangkai yang didemonstrasikan guru.
d.
Siswa
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 4-5 orang.
e.
Siswa
diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh guru. (lihat
lampiran 3)
f.
Siswa
membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai sesuai prosedur di Lembar Kerja
Siswa (LKS).
g.
Siswa
diamati dan dinilai oleh guru selama proses membuat karya kerajinan dengan
teknik merangkai.
h.
Setelah
selesai merangkai, Siswa menukarkan hasil karya merangkai kelompok dengan kelompok
lain, misal kelompok 1 ditukar dengan kelompok 2, kelompok 2 dengan kelompok 3, dst.
i.
Siswa
dari masing-masing kelompok mengamati, menangapi, dan menilai hasil karya
merangkai kelompok lain pada lembar penilaian yang tersedia. (lihat lampiran 4)
j.
Siswa
mengumpulkan hasil apresiasi karya kelompok dikumpulkan berserta hasil
merangkainya.
k.
Siswa
bertanya tentang hal-hal yang sekiranya belum jelas.
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Siswa
menyimpulkan hasil belajar yang telah berlangsung dengan dibimbing guru.
b.
Siswa
diberi evaluasi oleh guru berupa tes tertulis. (lihat lampiran 5)
c.
Siswa
mendapat tugas individu yaitu merangkai dengan tema hantaran dan hari raya
sebagai tindak lanjut. (lihat lampiran 7)
d.
Hasil
karya siswa dinilai pada pertemuan berikutnya dengan kriteria penilaian yang
sudah dipersiapkan guru. (lihat lampiran 8)
e.
Siswa
mendengarkan guru yang sedang menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya.
E. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat
a. Benda konkrit seperti hantaran
c. LKS
2. Sumber
a. Buku
Sudiyanto,dkk.
2005. Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan
Untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sumanto. 2006. Pengembangan
Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
b. Internet
c. Kurikulum
F. Penilaian
1.
Penilaian
Kognitif
Teknik Penilaian : tes tertulis
Bentuk Instrumen
Penilaian : uraian
Skor :
untuk setiap jawaban benar diberi skor 25
Nilai :
∑jawaban benar X 20 = 4 X 25 = 100
Keterangan :
A ( Baik sekali ) = 100 B ( Baik ) = ≥ 70
C ( Cukup ) = ≥ 60 D
( Kurang ) = < 60
2.Penilaian Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Tanggung Jawab
|
Kerja sama
|
Komunikasi
|
3.Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kegiatan Merangakai
|
Keaktifan merespon positif dalam
pembelajaran
|
Kriteria penilaian :
Kolom aspek yang dinilai diisi dengan
nilai antara 60-90
Keterangan :
A ( baik sekali ) = 81-90
B ( baik ) = 71-80
C ( cukup ) = 60-70
Kriteria Keberhasilan
Kegiatan pembelajaran ini berhasil apabila 75% dari jumlah
siswa mampu memperoleh nilai B dalam penilaian individu.
Yogyakarta,
14 Desember 2011
Kepala Sekolah Guru Kelas
……………………. ............................
Lampiran 1
Merangkai Hantaran
Lihat karyaku merangkai
hantaran
Kain dan koran kurangkai
semua
Menjadi merak dan menjadi
kura
Kuhias emas semua jadi
indah
Lampiran 2
Ringkasan Materi
Merangkai
merupakan suatu tehnik atau cara untuk membuat bentuk kerajinan tangan atau
karya senirupa yang dilakukan dengan menata atau menyusun bagian-bagian bahan
tertentu dengan bantuan alat rangkai. Merangkai merupakan kegiatan keterampilan
yang menuntut adanyaentuhan rasa seni sesuai dengan bahan yang digunakan dan
alat bantu rangkainya.
Dilihat
dari fungsinya, merangkai dapat dibedakan
menjadi rangkaian sebagai benda pakai dan rangkaian sebagai benda hias. Rangkaian
sebagai benda pakai yaitu suatu benda yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan
praktis yang diutamakan faktor kegunaan. Sedangkan rangkaian sebagai benda hias
yaitu suatu benda dibuat untuk memenuhi kebutuhan artistik sebagai sarana
mengekspresikan cita rasa estetik.
Bahan dan peralatan
merangkai dapat berupa bahan alami dan buatan. Bahan alami seperti: buah, daun,
dan lain-lain. Sedangkan bahan buatan seperti kertas, kain, dan lain-lain.
Peralatan dalam merangkai diantaranya gunting, jarum pentul, dan lain-lain.