RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N
Percobaan 2 Depok
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : V (lima)/ 2
(dua)
Hari/Tanggal : Selasa/ 29 Mei
2012
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A. Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
B. Kompetensi Dasar
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata
yang tepat.
C. Indikator
1. Kognitif
Menyebutkan
langkah-langkah menulis puisi bebas.
2.
Psikomotor
Menulis puisi sesuai dengan langkah-langkah dan bahasa yang baik dan benar serta
memperhatikan ejaannya.
3. Afektif
Bekerja sama mengerjakan
tugas kelompok
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan langkah-langkah
menulis puisi bebas dengan urut dan benar.
2. Psikomotor
Setelah melakukan
diskusi kelompok, siswa dapat menulis puisi bebas sesuai dengan langkah-langkah
menulis puisi.
Setelah melakukan
diskusi kelompok, siswa dapat menulis puisi dengan ejaan yang benar
3. Afektif
Melalui
diskusi siswa mampu berkerjasama dengan teman sekelompoknya secara baik.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung jawab
Berani dan Ketulusan
E. Materi Ajar
§
Langkah-langkah
menulis puisi
§
Puisi.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
student center
Model :
Kontekstual
Metode : ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
a.
Guru membuka proses pembelajaran dengan salam.
b.
Siswa mendengarkan apersepsi dari guru.
Sebelum kita mulai proses pembelajaran ibu ingin bertanya kepada kalian, “Siapa
diantara kalian yang tahu tentang puisi? Siapa yang pernah menulis puisi?
Karena kalian sudah tahu tentang puisi hari ini kita akan belajar untuk menulis
puisi”
c.
Siswa mendengarkan penjelasan guru pada saat
menyampaikan motivasi dan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
a) Siswa
membaca puisi yang telah disajikan oleh guru.
b) Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tentang bagaimana langkah-langkah
menulis puisi dengan benar.
c) Siswa
bersama-sama guru membahas langkah-langkah menulis puisi.
b. Elaborasi
a) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
sesuai dengan banyak siswa.
b) Guru
membagikan LKS pada setiap kelompok.
c) Siswa berdiskusi kelompok dan
selanjutnya menuliskan puisi berdasarkan
gambar pada lembar yang telah disediakan.
d) Salah
satu dari kelompok membacakan puisi hasil diskusi di depan kelas.
e) Siswa dan guru menanggapi puisi
yang telah dibacakan.
c. Konfirmasi
1)
Siswa bersama dengan guru melakukan tanya jawab untuk
meluruskan kesalahan mengenai hasil diskusi yang belum benar, serta memberikan
penguatan.
2)
Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya
tentang hal-hal yang belum jelas.
3. Kegiatan
Akhir
a.
Guru dan siswa saling menyimpulkan hal-hal yang
berhubungan dengan penerapan konsep yang telah dipelajari agar tidak terjadi
miskonsepsi.
b.
Siswa mengerjakan soal tes tertulis.
c.
Guru menyampaikan pesan,”Jangan malas untuk
menuangkan ide-ide kita melalui apapun misalnya puisi karena bisa saja ide kita
itu dapat bermanfaat bagi orang lain.”
d.
Guru menutup pembelajaran dengan salam.
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Contoh puisi
Macam-macam gambar
Tim Bina Bangsa. 2010. Bahasa
Indonesia Kelas V SD. Bogor : Yudhistira
Suyatno. 2008. Indahnya
Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SD / MI Kelas V. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan nasional.
I. Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
1)
Teknik Penilaian: Tes tertulis (akhir)
2)
Rubrik Penilaian
Nomor
Soal
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Skor 5, jika
siswa menyebutkan semua langkah-langkah menulis puisi disertai dengan
penjelasannya dengan benar.
Skor 4, jika
siswa menyebutkan secara lengkap langkah-langkah menulis puisi dan
penjelasannya tidak lengkap.
Skor 3, jika
siswa menyebutkan langkah-langkah menulis puisi secara lengkap dan hanya
menjelaskan satu langkah.
Skor 2, jika
siswa hanya menyebutkan langkah-langkah menulis puisi dengan benar tanpa
menjelaskan.
Skor 1, jika
siswa menyebutkan langkah-langkah menulis puisi secara tidak lengkap dan
tidak dijelaskank.
|
2
|
Skor 5, jika
siswa menulis puisi dengan satu tema dan pilihan kata, merangkai kata benar.
Skor 4, jika
siswa menulis puisi dengan satu tema dan pilihan kata benar tetapi rangkaian
katanya kurang tepat.
Skor 3, jika
siswa menulis puisi dengan satu tema dan pilihan kata, merangkai katanya
salah.
Skor 2, jika
siswa menulis puisi dengan lebih dari satu tema dalam satu puisi.
Skor 1, jika
siswa menulis puisi dengan asal-asalan dan tidak dapat dimaknai.
|
Pedoman penilaian:
Nilai =
2.
Penilaian Afektif
1)
Teknik Penilaian: Pengamatan
2)
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
yang diamati
|
Rubrik
|
1
|
Keaktifan
(di kelas)
|
Skor 4, jika
siswa bertanya atau menanggapi >3 kali.
Skor 3, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 3 kali.
Skor 2, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 2 kali.
Skor 1, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 1 kali.
|
2
|
Kerjasama
|
Skor 4, jika
siswa ikut andil dalam mengerjakan tugas kelompok
sampai selesai (100%).
Skor 3, jika
siswa ikut andil dalam mengerjakan tugas kelompok
sebanyak 75%.
Skor 2, jika
siswa ikut andil dalam mengerjakan tugas kelompok
sebanyak 50%
Skor 1, jika siswa
ikut andil dalam mengerjakan tugas kelompok
sebanyak 25%.
|
3
|
Tanggung jawab
|
Skor 4, jika
siswa mengerjakan tugasnya di dalam kelompok
sebanyak 100%.
Skor 3, jika
siswa mengerjakan tugasnya di dalam kelompok
sebanyak 75%.
Skor 2, jika
siswa mengerjakan tugasnya di dalam kelompok
sebanyak 50%
Skor 1, jika
siswa mengerjakan tugasnya di dalam kelompok
sebanyak 25%.
|
3.
Penilian Psikomotor
1)
Teknik Penilaian: Pengamatan
2)
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
yang diamati
|
Rubrik
|
1
|
Ketepatan penggunaan
alat
|
Skor 4, jika
siswa bertanya atau menanggapi >3 kali.
Skor 3, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 3 kali.
Skor 2, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 2 kali.
Skor 1, jika
siswa bertanya atau menanggapi sebanyak 1 kali.
|
2
|
Mengkomu-nikasikan
|
Skor 4, jika
siswa menyampaikan hasil diskusinya secara runtut
dan jelas.
Skor 3, jika
siswa menyampaikan hasil diskusinya secara runtut
tanpa penjelasan.
Skor 2, jika
siswa menyampaikan hasil diskusinya secara tidak
runtut tetapi disertai penjelasan.
Skor 1, jika
siswa menyampaikan hasil diskusinya secara tidak
runtut tanpa penjelasan.
|
4.
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kegiatan
pembelajaran berhasil jika 75% dari siswa mencapai nilai minimal 75 dan
memperoleh skor rata-rata minimal 3 dalam penilaian afektif dan psikomotor.
Yogyakarta, 25 Mei 2012
Mengetahui,
Guru Kelas Praktikan
Eti Daniastuti, S.Pd Tri
Wahyuni
NIP
19700312 200501 2 009 NIM
09108244002
Lampiran
Ringkasan materi
Langkah-langkah menulis puisi
1.
Menentukan idea tau gagasan
Hal
penting yang harus kamu lakukan sebelum menulis puisi adalah menentukan ide.
Ide atau gagasan pokok itu akan menjadi dasar penulisan puisi. Ide untuk
menulis puisi dapat kamu peroleh dari mana saja dan kapan saja. Jadi, kamu juga
dapat memperolehnya dari lingkungan di sekitarmu. Misalnya, sampah yang
menumpuk, banjir, kemarau, atau apa saja. Nah, cobalah sekarang temukan ide
untuk sebuah puisi! Ide itu kemudian renungkan dan catat di bukumu!
2.
Pilihan Kata
Setelah
mendapatkan ide dan merenungkannya, langkah berikutnya adalah memilih kata-kata
untuk menuliskan puisi. Baris-baris puisi bukan sekadar deretan kata yang tidak
bermakna. Kata-kata dalam puisi harus bermakna. Selain itu, perlu dipilih kata
yang tepat, yaitu kata yang mampu mewakili pikiran dan perasaan. Katakata yang
dipilih dapat berupa kata yang bermakna lugas maupun kiasan. Namun, kata-kata
bermakna kiasan lebih menambah keindahan puisi. Dalam memilih kata juga perlu memerhatikan persamaan
bunyi atau rima. Katakata yang memiliki persamaan bunyi awal atau akhir jika
dirangkai akan menimbulkan kesan indah. Jika dibaca, puisi itu terdengar indah.
3.
Menulis Puisi
Di atas kamu sudah belajar
menentukan ide dan merenungkannya. Kamu juga sudah belajar memilih kata-kata
yang tepat. Langkah selanjutnya adalah berlatih merangkai kata-kata itu menjadi
baris-baris puisi. Sesudah menuliskan kata-kata dalam bentuk puisi, coba
bacalah kembali! Jika masih ada kata yang kurang tepat, gantilah! Pilihlah kata-kata
yang benar-benar dapat mewakili pikiranmu! Tidak sukar,
bukan?
Lembar kerja Siswa
Anggota kelompok :
1.
…………………….
2.
…………………….
3.
…………………….
4.
…………………….
Tujuan : Siswa dapat menulis puisi bebas sesuai dengan ejaan yang benar
Petunjuk Pekerjaan :
a.
Amati gambar yang tersedia pada LKS
b.
Buat kalimat-kalimat yang sesuai dengan gambar.
c.
Tuliskan hasil pekerjaan kalian pada lembar yang telah
disediakan
Soal Evaluasi
Nama :
No Absen :
Kelas :
Kerjakan soal berikut
dengan singkat!
1.
Sebutkan langkah-langkah menulis puisi bebas!
2.
Buatlah satu puisi yang menarik dengan tema pendidikan
Kunci jawaban
Soal evaluasi
1.
Langkah-langkah menulis puisi
a.
Menentukan Idea tau gagasan
Ide atau gagasan pokok itu akan
menjadi dasar penulisan puisi. Ide untuk menulis puisi dapat kamu peroleh dari
mana saja dan kapan saja.
b.
Memilih Kata
Setelah mendapatkan ide dan
merenungkannya, langkah berikutnya adalah memilih kata-kata untuk menuliskan puisi.
Dalam memilih kata juga perlu memerhatikan persamaan bunyi atau rima. Kata-kata
yang memiliki persamaan bunyi awal atau akhir jika dirangkai akan menimbulkan
kesan indah.
c.
Menulis Puisi
Langkah selanjutnya adalah berlatih
merangkai kata-kata itu menjadi baris-baris puisi. Sesudah menuliskan kata-kata
dalam bentuk puisi, puisi dibaca kembali apakah sudah baik atau belum.
2.
Untuk jawaban no 2 menyesuaikan dengan hasil pekerjaan
siswa, guru menganalisis puisi siswa.
1 komentar:
Bagus, selamat berkarya, dan mohon ijin nyuplik ya
Posting Komentar