Sabtu, 21 April 2012

RPP SBK kelas V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                       Satuan Pendidikan   :   -
                                       Mata Pelajaran         :   SBK
                                       Kelas                        :   V
Semester                   :   1
                                       Alokasi Waktu         :   1 x pertemuan @ 2 x 35 menit


Standar Kompetensi   :  8. Membuat karya kerajinan dan benda permainan.

Kompetensi Dasa       :  8.2 Membuat karya kerajinan merangkai.

 Indikator                   : 8.2.1 Menjelaskan pengertian teknik merangkai.
                                     8.2.2 Merancang karya kerajinan dengan teknik merangkai.
                                  8.2.3 Membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai.

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan stimulus dari guru, siswa dapat menjelaskan pengertian merangkai dengan benar.
2.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat merancang karya kerajinan dengan teknik merangkai dengan benar.
3.      Setelah mengamati demonstrasi guru dan bereksperimen, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai dengan benar.

B.     Materi Ajar
1. Pengertian Merangkai
2. Fungsi Merangkai
3. Bahan dan Peralatan Merangkai

C.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi
2.      Demonstrasi
3.      Eksperimen
4.      Penugasan




D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal  (5 menit)
a.       Siswa dan guru menyanyikan lagu “ Merangkai Hantaran” . (lihat lampiran 1)
b.      Siswa diberi stimulus dengan cara guru memberikan apersepsi yaitu “ siapa yang pernah melihat hantaran? Hantaran itu diberikan pada pengantin putri oleh pengantin pria. Hantaran itu berupa apa? Hantaran berupa seperangkat barang yang disusun sedemikian rupa dengan alat rangkai. Nah, hari ini kita akan belajar tentang merangkai.
c.       Siswa diberi tahu tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
2.      Kegiatan Inti (55 menit)
a.       Siswa mendengarkan guru yang sedang menyampaikan materi secara singkat tentang merangkai. (lihat lampiran 2)
b.      Siswa mendengarkan guru yang sedang mendemonstrasikan cara membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai.
c.       Siswa mengamati langkah-langkah merangkai yang didemonstrasikan guru.
d.      Siswa membentuk kelompok dengan jumlah anggota 4-5 orang.
e.       Siswa diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh guru. (lihat lampiran 3)
f.       Siswa membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai sesuai prosedur di Lembar Kerja Siswa (LKS).
g.      Siswa diamati dan dinilai oleh guru selama proses membuat karya kerajinan dengan teknik merangkai.
h.      Setelah selesai merangkai, Siswa menukarkan hasil karya merangkai kelompok dengan kelompok lain, misal kelompok 1 ditukar dengan kelompok 2, kelompok  2 dengan kelompok 3, dst.
i.        Siswa dari masing-masing kelompok mengamati, menangapi, dan menilai hasil karya merangkai kelompok lain pada lembar penilaian yang tersedia. (lihat lampiran 4)
j.        Siswa mengumpulkan hasil apresiasi karya kelompok dikumpulkan berserta hasil merangkainya.
k.      Siswa bertanya tentang hal-hal yang sekiranya belum jelas.
3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Siswa menyimpulkan hasil belajar yang telah berlangsung dengan dibimbing guru.
b.      Siswa diberi evaluasi oleh guru berupa tes tertulis. (lihat lampiran 5)
c.       Siswa mendapat tugas individu yaitu merangkai dengan tema hantaran dan hari raya sebagai tindak lanjut. (lihat lampiran 7)
d.      Hasil karya siswa dinilai pada pertemuan berikutnya dengan kriteria penilaian yang sudah dipersiapkan guru. (lihat lampiran 8)
e.       Siswa mendengarkan guru yang sedang menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

E.     Alat dan Sumber Belajar
1. Alat
 a. Benda konkrit seperti hantaran
 c. LKS
      2. Sumber
       a. Buku
Sudiyanto,dkk. 2005. Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

       b. Internet
      
       c. Kurikulum

F.     Penilaian
1.      Penilaian Kognitif
Teknik Penilaian                      : tes tertulis
Bentuk Instrumen Penilaian    : uraian
Skor                                         : untuk setiap jawaban benar diberi skor 25
Nilai                                        : ∑jawaban benar X 20 = 4 X 25 = 100
Keterangan                              :
      A ( Baik sekali ) = 100                  B ( Baik )           = ≥ 70
      C ( Cukup )        = ≥ 60                 D ( Kurang )       = < 60


2.Penilaian Afektif
No
Nama Siswa
Tanggung Jawab
Kerja sama
Komunikasi























3.Penilaian Psikomotor
No
Nama Siswa
Kegiatan Merangakai
Keaktifan merespon positif dalam pembelajaran









Kriteria penilaian :
Kolom aspek yang dinilai diisi dengan nilai antara 60-90
Keterangan : A ( baik sekali )             = 81-90
                                 B ( baik )                        = 71-80
                                 C ( cukup )                     = 60-70

            Kriteria Keberhasilan
Kegiatan pembelajaran ini berhasil apabila 75% dari jumlah siswa mampu memperoleh nilai B dalam penilaian individu.


                                                                    Yogyakarta, 14 Desember 2011

                       
                        Kepala Sekolah                                                  Guru Kelas



                …………………….                                        ............................


Lampiran 1

Merangkai Hantaran

Lihat karyaku merangkai hantaran
Kain dan koran kurangkai semua
Menjadi merak dan menjadi kura
Kuhias emas semua jadi indah





Lampiran 2

Ringkasan Materi

Merangkai merupakan suatu tehnik atau cara untuk membuat bentuk kerajinan tangan atau karya senirupa yang dilakukan dengan menata atau menyusun bagian-bagian bahan tertentu dengan bantuan alat rangkai. Merangkai merupakan kegiatan keterampilan yang menuntut adanyaentuhan rasa seni sesuai dengan bahan yang digunakan dan alat bantu rangkainya.
Dilihat dari fungsinya, merangkai dapat dibedakan  menjadi rangkaian sebagai benda pakai dan rangkaian sebagai benda hias. Rangkaian sebagai benda pakai yaitu suatu benda yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis yang diutamakan faktor kegunaan. Sedangkan rangkaian sebagai benda hias yaitu suatu benda dibuat untuk memenuhi kebutuhan artistik sebagai sarana mengekspresikan cita rasa estetik.
Bahan dan peralatan merangkai dapat berupa bahan alami dan buatan. Bahan alami seperti: buah, daun, dan lain-lain. Sedangkan bahan buatan seperti kertas, kain, dan lain-lain. Peralatan dalam merangkai diantaranya gunting, jarum pentul, dan lain-lain.


                                            

Tidak ada komentar: